SEJARAH
PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS 2
ILMU KESEHATAN ANAK
FK UNAIR-RSUD Dr. SOETOMO

 

Awal berdirinya Program Pendidikan Dokter Spesialis 2 Ilmu Kesehatan Anak dimulai dengan diselenggarakannya beberapa kegiatan pendidikan yang banyak menarik minat peserta untuk mengikuti pendidikan yang diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo.

Dengan banyaknya minat peserta maka diselenggarakan kegiatan pendidikan fellowship pada 13 divisi yang ada di Departemen Ilmu Kesehatan Anak, yaitu :
1. Respirologi
2. Endokrinologi
3. Gastro Hepatologi
4. Hemato Ongkologi
5. Infeksi dan Pediatrik Tropis
6. Pediatrik Gawat Darurat / ICU
7. Kardiologi
8. Nefrologi
9. Nutrisi dan Penyakit Metabolik
10. Neurologi
11. Perinatologi
12. Alergi Immunologi
13. Tumbuh Kembang
dengan masa belajar selama 1 semester (6 bulan), dimana peserta didiknya adalah para Dokter Spesialis Anak yang ingin memperdalam pendidikan dan menambah wawasan di bidang Ilmu Kesehatan Anak yang ada pada 13 divisi di Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo.

Seiring dengan berjalannya waktu, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo dibawah naungan Kolegium (SK Ketua Kolegium Ilmu Kesehatan Anak Indonesia No. 25/KET/KOLEGIUM-IKA/XII/2013) dan Bidang Pendidikan dan Pelatihan Rumah Sakit Dr. Soetomo, menyelanggarakan atau menambah Program Studi Baru Program Pendidikan Dokter Subspesialis (Sp2) Ilmu Kesehatan Anak FK UNAIR-RSUD Dr. Soetomo. Terhitung mulai tanggal 2 Februari 2014, Program Pendidikan Dokter Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak mulai menerima peserta didik baru dengan masa pendidikan 4 semester atau 2 tahun. Dengan jumlah peserta 7 mahasiswa pada bidang peminatan : Alergi-imunologi, Gastro-Hepatologi, Tropik dan Infeksi, Neonatologi, dan Hematologi Onkologi.

Sehubungan dengan adanya peraturan baru dari Menteri Pendidikan Nasional, bahwa Pendidikan harus dilakukan oleh Lembaga Pendidikan Resmi Negara, yaitu Universitas/Fakultas, maka Program Pendidikan Dokter Spesialis 2 Ilmu Kesehatan Anak, mulai diakuisisi oleh Universitas Airlangga yang berkerjasama dengan Kolegium Ilmu Kesehatan Anak.

Sehingga pada tanggal 22 Januari 2015 Program Pendidikan Dokter Subspesialis (Sp2) Ilmu Kesehatan Anak telah dilaksanakan secara resmi oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Dengan diterbitkannya SK Rektor No. 67/UN3/2015 tentang penyelenggaraan pendidikan tersebut dengan kurikulum dan struktur organisasi yang sesuai dengan kolegium yang disempurnakan. Sampai dengan saat ini Program Pendidikan Dokter Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak telah menambah bidang peminatan baru, yaitu : Nefrologi dan Endokrinologi.

Bidang peminatan yang akan segera menyusul adalah : Respirologi, Neurologi, Pediatri Gawat Darurat dan Nutrisi dan Penyakit Metabolik.

EnglishIndonesianJapanese